Subscribe Twitter FaceBook

Senin, 01 Oktober 2012

Technopreneurship Pertemuan I

Technopreneurship atau Kewirausahaan
     Dalam berwirausaha ada 3 hal yang perlu diperhatikan yaitu :
  1. Analisis bisnis & Study kelayakan usaha
  2. Etika dan tanggung jawab wirausaha
  3. Ide dan peluang wirausaha
     Tiga point di atas merupakan pondasi dalam memulai  usaha. Menjalankan usaha haruslah dengan benar/ riil, bukan spekulatif. Motivasi berwirausaha haruslah mengerti prinsip yaitu bukan sekedar mengejar kekayaan, sebab kaya bukanlah tujuan utama, kaya adalah akibat dari tujuan dan tujuan hidup adalah untuk bertumbuh.
Sehingga setiap orang perlu mengerti dan menentukan pilihannya dalam bekerja, apakah pilihannya berpenghasilan tetap atau tetap berpenghasilan. Jika pilihannya ingin berpenghasilan tetap jadilah seperti karyawan atau PNS yang  fokus pada satu pekerjaan dan tidak punya pekerjaan sampingan., Biasanya orang-orang dalam kategori ini hanya memikirkan posisi aman saja. Akan tetapi jika pilihannya tetap berpenghasilan dalam hal ini tidaklah bergantung pada satu pekerjaan atau penghasilan yang tetap, tetapi punya pekerjaan lain yang tidak terikat pada pekerjaan yang utama, orang-orang pada kategori ini berani ambil resiko dan berjiwa optimis dan penuh semangat.

   Dalam mencapai suatu kesuksesan usaha juga perlu dipahami 2 prinsip yang mempengaruhi sukses tidaknya usaha tersebut. yaitu cepat salah dan lambat benar. Kadang orang yang memilih cepat salah itu bisa sukses karena mereka punya waktu untuk memperbaiki kesalan tersebut. Sedangkan yang memilih lambat benar itu malah tidak sukses karena sudah telat. Jadi perlu pemahaman pada 2 prinsip ini. 

Untuk memulai bisnis, perlu 3 M yaitu:
  1. Motivasi
  2. Mindset
  3. Make It (Just do It)
 Pada akhirnya berpikirlah kreatif, karena didalam berpikir kreatif ada 3 hal yaitu :
  1. Melihat dengan sudut pandang baru
  2. Menemukan hubungan baru
  3. Membentuk kombinasi baru

Referensi : 1. Cucun Angkoso
                 2. Ari Kusumaningsih

0 komentar:

Posting Komentar